Setelah bangun pagi ini,saya pun melakukan hal yang biasa saya lakukan,pergi ke ruangan depan untuk menyalakan komputer dan menggunakannya. Dalam perjalanan keruang depan,tentunya saya melewati ruang tengah dimana surat-kabar(koran) biasa diletakkan oleh pembantu saya.Secara tidak sengaja saya melihat sosok 2 buah smartphone di surat-kabar tersebut dan akhirnya saya pun tertarik untuk membacanya.

Setelah saya baca keseluruhan,ternyata berita itu tentang paten Apple yang dilanggar oleh produsen smartphone berbasis Android terbesar di dunia yaitu Samsung.(Note: Terbesar belum tentu terbaik ya🙂 ) Menurut saya,berita ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan,mengingat masalah sejenis ini(Paten) sudah sering dihadiri oleh Apple.Sejauh yang saya tahu,mungkin Apple adalah produsen elektronik yang paling sering bersengketa soal paten belakangan ini.Sengketa paten Apple pun selalu dengan produsen-produsen besar seperti Samsung,HTC,Kodak,Nokia,dan lain-lain.

Kali ini paten yang dilanggar oleh Samsung adalah:
1.Efek bounce back:Efek layar kembali setelah menggeser layar(Scroll) ke batas maksimal(Bounce Back=Memantul Kembali)
2.Scroll and Pinching:Efek cubit untuk mengatur perbesaran(zoom) tampilan.
3.Tap To Zoom and Center:Sentuhan 2 kali pada layar untuk mengatur perbesaran tampilan.
4.Pengaturan ikon pada tampilan awal layar.
5.Ukuran dan sudut layar iPhone.
6.Bentuk layar dan letak Speaker iPhone.
Dari pelanggaran yang ada,pelanggaran nomor 1 sampai 4 yang mungkin akan berdampak pada Android dan tentunya juga berdampak pada deretan produk Sony Xperia.
1.Bounce Back

(Dapat dilihat di detik-detik awal video di atas)
Efek ini merupakan efek yang cukup penting untuk memperhalus tampilan smartphone.Tetapi menurut saya jika efek ini harus dihilangkan dari Android,itu bukan merupakan masalah yang besar bagi produsennya yaitu Google,karena efek ini bisa digantikan dengan efek lain misalnya:
-Scroll melambat ketika hampir sampai batas.
-Scroll akan mengulang dari baris paling atas lagi ketika sudah di scroll sampai batas bawah.
Dan sebagainya,karena saya percaya pengembang Android punya ide -ide yang brilliant.
2.Scroll and Pinching

Scroll and Pinching ini menurut saya adalah fitur yang cukup vital untuk smartphone.Jika efek ini dihilangkan maka kemungkinannya:
-Kembali ke cara klasik,yaitu dengan tombol “+” dan “-”


-Kembali ke cara klasik kedua,yaitu dengan zoom bar

-Google akan membuat cara pengaturan perbesaran baru untuk Android.

3.Tap to zoom
Tap to zoom ini menurut saya bukanlah fitur yang vital,karena penggunaannya pun jarang.Kebanyakan orang pasti lebih memili menggunakan “pinch to zoom” daripada menggunakan “tap to zoom”.Sehingga jika fitur ini dihilangkan dari Android,mungkin tidak akan berdampak besar.

4.Pengaturan Ikon Pada Tampilan Awal
Pengaturan Ikon Pada Tampilan Awal ini menurut saya merupakan fitur yang sangat Vital,karena fitur ini yang membuat pengguna menjadi leluasa untuk meng-custom tampilan samrtphonenya.Jika fitur ini harus dihilangkan dari Android,dampak fitur ini akan sangat besar.Selain itu,cukup susah untuk mencari pengganti fitur ini,mengingat fitur ini mencangkup peng-customan secara keseluruhan.

[Unfinished-post,Will be Updated as soon as possible]