Kabar buruk datang dari Sony beberapa waktu yang lalu.
Bagaimana tidak,Sony mengumumkan bahwa update Android 4.0 IceCream Sandwich untuk deretan smartphone Sony yang dirilis tahun 2011 ditunda.Jika sebelumnya Sony mengumumkan akan menyediakan update gelombang pertama untuk Xperia Arc S,Xperia Neo V,Xperia Ray pada akhir maret atau awal april,Sony mengatakan akan menyediakannya pada pertengahan april.Sedangkan untuk update gelombang kedua yang meliputi Xperia arc, Xperia PLAY, Xperia neo, Xperia mini, Xperia mini pro, Xperia pro, Xperia active dan Sony Ericsson Live with Walkman akan dilakukan pada akhir mei atau awal juni.
Sony juga mengkonfirmasi bahwa update ini memerlukan PC Companion untuk Windows atau Bridge untuk Mac.

Sebenarnya kabar buruk ini juga tidak hanya memiliki dampak buruk,tetapi juga memiliki dampak positif bagi pengguna smartphone Sony yang dirilis pada tahun 2011.
Sony mengatakan bahwa pengguna harus memilih salah satu diantara 2 pilihan yang cukup sulit.
1.Tetap menggunakan Android 2.3(Gingerbread) yang stabil dan memiliki peforma baik karena hardware yang sesuai.
2.Melakukan update ke Android 4.0(IceCream Sandwich) yang memiliki tampilan dan fitur baru yang segar tetapi akan memebuat kinerja hardware smartphone itu sendiri menjadi berat.

Seperti yang kita ketahui,samartphone Sony yang dirilis pada tahun 2011 memiliki RAM maksimal 512mb,sedangkan Android 4.0 (ICS) didesain untuk smartphone atau tablet dengan RAM 1gb.

Sehingga penundaan ini memberikan waktu lebih kepada pengguna untuk memilih.

Update 6 April 2012

Jika sebelumnya Sony mengumumkan bahwa update ke ICS akan membuat smartphone Sony Xperia yang dirilis tahun 2011 akah mengalami penurunan peforma karena RAM yang kurang,Sony mengumumkan telah melakukan pengaturan terhadap RAM,sehingga pengguna smartphone Sony Xperia tidak perlu khawatir terhadap kinerja smartphonenya setelah diupdate ke ICS.