Yups para sobat blogger tidak salah membaca judul.Sepeti yang telah kita ketahui dari kabar yang sudah menyebar,RIM memang berencana menyediakan aplikasi andalan mereka BlackBerry Messenger atau yang biasa kita sebut BBM(Padahal BBM kan Bahan Bakar Minyak,hahaha) untuk beberapa platform/OS smartphone lain.RIM pun sudah memulai untuk membuat aplikasi BBM untuk platform lain sejak tahun lalu (2011) dan dikabarkan akan dirilis pada tahun 2012 ini.

Platform pertama yang akan mencicipi aplikasi tersebut adalah Android,platform yang menguasai lebih dari 45%(45% adalah persentase di salah satu benua di dunia,persentase di benua lain jauh lebih besar) pasar smartphone di seluruh dunia lalu akan disusul oleh platform anti-lag iOS milik Apple,dan platform – platform smartphone lain akan menyusul lagi.

Mengapa RIM menjual BlackBerry Messenger andalan mereka? Saya sih belum mengetahuinya secara pasti,tetapi ada kabar angin(atau yang terkadang disebut gosip)yang mengatakan bahwa RIM menjual aplikasi andalannya tersebut karena mereka tahu bahwa produk smartphone serta tablet dari BlackBerry kurang diminati di pasaran dan penjualannya tidak mengalami kenaikan yang berarti,bahkan terkadang mengalami penurunan.Sehingga daripada sama sekali tidak memperoleh pendapatan, RIM pun memilih untuk menjual BlackBerry Messenger .

Lho,apanya yang kurang laku,Sebagian besar orang-orang di Indonesia kan pengguna BlackBerry? Ya memang benar sekali,BlackBerry di Indonesia bisa dibilang menguasai lebih dari 80% pasar Smartphone. Tidak hanya orang kalangan menengah keatas yang menggunakan smartphone BlackBerry,bahkan orang-orang dari kalangan menengah ke bawah juga sudah mulai menggunakan smartphone BlackBerry. Kemarin(Sabtu,14 January 2012) saya sempat mengunjungi sebuah supermarket di sebuah mall di Surabaya,dan disana ada beberapa OB(Petugas Kebersihan) yang sedang sibuk dengan smartphonenya.Awalnya saya kira itu bukan BlackBerry,tetapi setelah saya perhatikan,ada tulisan BlackBerry di bagian atas layar dan tampilan BBM pada layarnya. Memang BlackBerry di Indonesia sangat laku,tetapi keuntungan yang di dapat dari penjualan di 1 negara(Apalagi negara Indonesia) tentunya belum cukup untuk menanggung biaya operasional di seluruh dunia.Bahkan sekarang RIM berniat membagi OS BB10 kepada vendor smartphone lain seperti Samsung dan HTC.

BlackBerry Messenger untuk Android versi Beta sudah tersedia sejak beberapa bulan yang lalu. Tetapi 1 hal yang perlu diingat,Aplikasi versi Beta tersebut dibagikan hanya untuk para pengembang/developer,Sehingga tidak semua orang dapat menggunakan aplikasi tersebut.Memang semua orang dapat mendownloadnya,tapi karena masih versi Beta,sehingga kemungkinan terjadi crash dengan sistem Android masih cukup besar dan tidak tentu semua fitur BBM dapat berjalan dengan baik.

Ini link downloadnya: http://adf.ly/4kLMt

Saya tidak menyarankan sobat blogger sekalian untuk menginstalnya langsung pada device Android sobat blogger sekalian.
Saya lebih menyarankan sobat blogger untuk menginstallnya pada Android Virtual Device di komputer.

Link download Android Virtual Device : http://adf.ly/4kLVc