Pengumuman Sony(Bukan Sony Ericsson)Xperia S telah dilakukan pada hari Senin 9 Januari 2012 kemari. Rincian lengkap dari handset itu bocor sebelum waktunya, dan kita sudah mengetahui semua rinciannya.Xperia S adalah bagian dari seri baru Xperia NXT yang merupakan sebuah jajaran baru dari manufaktur Sony. Salah satu fitur kunci dari jejeran produk ini adalah desain baru yang disebut Identity Iconic yang merupakan strip/baris pemberitahuan transparan di bagian bawah telepon. Sony mengatakan bahwa ini digunakan sebagai tombol navigasi layar dan juga rumah antena.


Dalam hal spesifikasi, Sony Xperia S akan didukung oleh prosesor dual-core 1.5GHz (MSM8260 chipset) dan memori internal 32GB serta akan memiliki tampilan  4,3 inci(720 x 1280) dengan Mesin Bravia yang memiliki kepadatan pixel sangat mengesankan 342PPI. Dalam hal kamera akan dilengkapi oleh kamera 12MP Exmor R dengan f/2.4 aperture dan perekaman video 1080p. Smartphone baru ini juga akan dipersenjatai dengan kamera bagian depan(Secondary camera) 1.3MP, mampu merekam video 720p. Seperti Xperia ion, Xperia S akan dapat mengambil gambar dari posisi standby(Belum membuka fitur kamera,masih di halaman home dan sebagainya) hanya dalam 1,5 detik.

Fitur lainnya termasuk baterai 1750mAh, HDMI dan NFC. NFC digunakan untuk menghubungkan smartphone ini dengan aksesoris baru Sony yang bernama Xperia SmartTags NFC (Dan aksesoris lain yang akan datang). Seperti Xperia ion,  Xperia S akan menjadi handset bersertifikat PlayStation. Xperia S memiliki berat 144 gram dan memiliki dimensi 128 x 64 x 10,6 mm. Xperia S akan meluncur pada akhir Q1 2012, awalnya dengan Android Gingerbread 2.3.7 dan kemudian diperbarui menjadi Android ICS 4.0 di Q2 2012. Smartphone ini akan hadir dalam 2 warna yaitu hitam dan putih.