Artikel kali ini bisa dibilang sebagai perang saudara antar Sony Ericsson Xperia™.Antara Flagship dari Sony Ericsson Xperia™ yaitu Sony Ericsson Xperia™ Arc S dengan Sony Ericsson Xperia™ ray.

VS


Dari segi harga,memang terdapat perbedaan yang cukup jauh.Sekitar 1,5 juta.

Pertama mari kita lihat dari segi Network. Sony Ericsson Xperia™ Arc S dengan basis Sony Ericsson Xperia™ Arc yang sudah lebih dahulu diluncurkan dari Sony Ericsson Xperia™ Ray, memiliki beberapa kekurangan dalam jaringan networknya. Sony Ericsson Xperia™ Arc S hanya mendukung hingga 3G,sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray 3.5G yang tentunya memberkian kecepatan data yang lebih baik.

Dari ukuran fisiknya, kedua smartphone ini memiliki ukuran fisik yang sangat berbeda.Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki ukuran yang besar, yaitu 62x125x8mm sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki ukuran yang kecil, yaitu 53x111x9mm.Meski ukurannya berbeda jauh,tetapi desain fisik keduanya sama-sama bisa dibilang sangat baik, Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki sebuah cekungan di bagian belakang yang membuatnya terlihat sangat tipis dan elegan, sedangkan Sony Ericsson Xperia™ ray  memiliki bodi yang dilengkapi dengan bahan metal dan ketebalan yang cukup tipis membuatnya terlihat elegan.

Suatu hal yang paling penting bagi sebagian besar orang dalam menilai sebuah smartphone adalah dari spesifikasi hardwarenya,terutama kecepatan prosesor, Ram, dan memorinya. Kedua smarphone ini sama-sama masih mengandalkan prosesor singel core,tetapi yang membuat keduanya berbeda adalah Sony Ericsson Xperia™  Arc S menggunakan prosesor dengan kecepatan 1,4 GHz sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray menggunakan prosesor berkecepatan 1 GHz.Ram kedua smartphone ini pun sama, yaitu 512 MB.Sedangkan memori internal Sony Ericsson Xperia™ Arc S 1GB sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray 300 MB.

Untuk fitur kamera kedua smartphone Sony Ericsson Xperia™ ini bisa dibilang kembar, masing -masing memiliki kamera 8,1Mp dengan sensor Exmor R serta dapat merekam video dengan resolusi HD 720p, yang membedakannya hanyalah tombol kamera.Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki tombol kamera di sisi sebelah kanan,sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray tidak memiliki tombol kamera. Keunggulan Sony Ericsson Xperia™ Ray dibanding Sony Ericsson Xperia™ Arc S dalam hal kamera adalah Sony Ericsson Xperia™ Ray dilengkapi dengan Secondary Camera beresolusi 0,3Mp untuk video call, sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Arc S tidak memiliki Secondary Camera.

Display kedua smarphone ini pun memiliki resolusi yang sama yaitu 854×420 pixels dengan teknologi Mobile Bravia Engine. Sony Ericsson Xperia™ Arc S memiliki ukuran layar 4,2″ dan memiliki video output HDMi sedangkan Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki ukuran layar 3,3″ tanpa video output. Karena Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki ukuran layar yang lebih kecil dengan resolusi yang sama dengan Sony Ericsson Xperia™ Arc S,sehingga layar Sony Ericsson Xperia™ Ray memiliki angka ppi(Pixels Per Inch) yang lebih tinggi dibanding Sony Ericsson Xperia™ Arc S.Baterai keduanya memiliki kapasitas yang sama,yaitu 1500 mAh.

[Rumor]
Banyak rumor yang beredar mengenai kedua smartphone dari Sony Ercisson ini.Rumor masalah signal pada Sony Ericsson Xperia™ Ray menyebar beberapa waktu setelah mulai dipasarkan,sedangkan rumor mengenai casing Sony Ericsson Xperia™ Arc dan Sony Ericsson Xperia™ Arc S yang mudah retak di bagian atas sensor cahaya juga sudah beredar cukup lama. Mengenai rumor masalah signal pada Sony Ericsson Xperia™ Ray,saya sudah mencoba dan hasilnya saya tidak mengalami masalah signal yang di rumorkan. Sedangkan untuk Sony Ericsson Xperia™ Arc dan Sony Ericsson Xperia™ Arc S yang mudah retak,saya rasa keretakan tidak mungkin terjadi sendiri,pasti terjadi benturan keras yang menyebabkan keretakan terjadi.Asalkan anda menggunakannya dengan hati-hati,maka keretakan itu tidak akan terjadi.