Setelah sekian lama tidak menulis apapun di blog ini,karena berbagai kepentingan dan juga ujian-ujian yang harus saya jalani,akhirnya hari ini saya memiliki waktu luang yang bisa saya gunakan untuk menulis di blog ini lagi.

Kali ini saya akan mereview sedikit tentang sebuah smartphone baru yang tentunya dirilis oleh Sony Ericsson. Smartphone yang saya review kali ini berkode ST18i dan biasa disebut Xperia™ Ray.Sony Ericsson Xperia™Ray ini memiliki berbagai keunggulan seperti layar 3,3″ dengan teknologi Mobile Bravia Engine™ yang antigores,Kamera 8.1MP yang dapat merekam video dengan resolusi HD 720P dengan sensor ExmorR,prosesor 1GHz,memori Ram 512mb serta dilengkapi memori Micro SD 4GB dalam paket penjualannya.

[Sebelum membaca bagian dari “Sekedar Cerita”(Yang ditulis dengan font warna Oranye),mohon membaca bagian ” * “(Yang ditulis dengan Font Warna Biru dan Merah) yang terletak di bagian paling bawah halaman ini untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman yang dapat berakibat fatal]

Sekedar cerita,
Sebenarnya, saya dulu berminat untuk membeli Xperia™ neo dan sempat menunggu sekitar setengah tahun(Saya mulai menunggu dari Januari 2011 hingga bulan Oktober) dan tetap belum dirilis. Selama itu,saya masih setia menggunakan Sony Ericsson W995 yang saya beli pada Februari 2010 silam meski saudara dan ayah saya sudah menggunakan smartphone – smartphone touchscreen berbasis Symbian.Pada saat itu,kakak saya sebenarnya menggunakan Sony Ericsson Aino yang dibeli sehari setelah saya membeli W995,hanya saja karena rumah saya kecolongan oleh pembantu,raib deh Aino kakak saya,beserta Nokia E75 adik saya ,dan berbagai harta benda lain yang bernilai puluhan juta rupiah , dan yang paling parah lagi, usaha saya untuk memancing keluarga saya untuk menggunakan Sony Ericsson sia-sia(Keluarga saya sebenarnya adalah Nokia Lover,hanya saya saja yang SE mania dan telah berhasil memancing kakak saya dan ayah saya untuk membeli Aino dan Satio),karena Ainonya sudah hilang dan kakak saya memutuskan untuk kembali lagi ke Nokia dan membeli Nokia X6 yang saat itu baru rilis.Sehingga Nokia pun meraja lela di rumah saya,Nokia X6,Nokia 5800,Nokia 6300, dan sebuah Nokia CDMA berwarna yang saya tidak tahu tipenya.Sedangkan Sony Ericsson tinggal W995 saya dan Satio ayah saya.

Tetapi pada agustus 2011 lalu keberuntungan ada di tangan saya lagi. Saya berhasil memprovokasi keluarga saya lagi untuk menggunakan Sony Ericsson,dan akhirnya Kakak saya memutuskan untuk membeli Xperia™ Arc S dan saya memutuskan untuk membeli Xperia™ Neo atau Xperia™ Ray,tergantung mana yang rilis lebih dahulu. Pada pertengahan oktober lalu saya menghubungi Sony Ericsson center dan menanyakan ketersediaan ketiga produk tersebut,dan ternyata belum tersedia . Akhirnya saya pun mencari di seluruh kota pahlawan tempat saya tinggal yaitu Surabaya dan menemukan sebuah cabang yang menjual produk Sony Ericsson menyediakan Xperia Ray.Tunggu apa lagi, langsung saja saya beli hari itu juga yang warna putih seharga Rp.3.099.000,00. Saya pun dengan gembira membawa Smartphone tersebut pulang dan segera melakukan pengecasan pertama.

Secara tak sengaja, saya justru membuat kesabaran kakak saya dalam menunggu Xperia Arc S habis.2 minggu kemudian,kakak saya pun membeli sebuah Samsung Galaxy S II seharga Rp.5.499.000,00 dan membuat saya kaget.Sebuah kalimat yang pertama melintas di benak saya adalah “WOW,Mahal sekali,Dengan fitur yang sedikit berbeda dengan Xperia Arc S,tetapi harganya lebih mahal satu juta”. Dan itu juga berarti menambah satu peserta lagi yaitu Samsung.Sehingga di rumah saya ada 3 buah brand Smartphone Teratas yaitu Nokia,Sony Ericsson , dan Samsung..

Keluarga saya:
Ayah saya:Sejak 2007 sudah berhasil saya ajak menggunakan Sony Ericsson hingga saat ini..
Ibu saya:Pembela Utama merk Nokia di keluarga saya(Saya ajak gimanapun pake SE juga ga berhasil”)..
Kakak saya:Sempat menggunakan Sony Ericsson,tetapi mendadak sekarang menggunakan Samsung..
Saya:As You Know ,Sony Ericsson mania yang aktif mengajak orang lain menggunakan Sony Ericsson
Adik saya: Seleranya nasi campur deh,kadang suka Nokia,kadang Apple,kadang Samsung, kadang SE(Sempet saya hasut untuk beli Xperia Play,tapi malah beli i-Pod Touch 32 GB)
Klo ada dari sobat blogger yang berpikir,Sekarang kan jamannya Demam BB,kok ngga ada yg doyan BB?
Jawabannya cukup panjang: Fitur ngga sebanding harga, bentuknya aneh lagi(bagi keluarga saya QWERTY dah ga jaman,jamannya Touchscreen),menurut saya BB juga ngga smart, soalnya tidak efisien, ada yang dah punya Touchscreen+QWERTY on Screen masih aja dikasi Trackpad+QWERTY fisik.

Ya,whatever mari kita lanjutkan review Sony Ericsson Xperia Ray.
Sebenarnya, apa yang saya sukai dari Xperia Ray adalah desain dan ukurannya yang kompak.Itulah sebabnya mengapa saya tidak memilih membeli Xperia Arc atau Xperia Arc S.
Desain Xperia Ray cukup elegan menurut saya,ditambah lagi dengan LED notifikasi yang desainnya sangat menarik menjadi nilai positif tambahan.
Xperia Ray menggunakan OS Android 2.3(Gingerbread) versi 3 ketika saya membelinya. Tetapi beberapa hari kemudian,tersedia update menuju 2.3 versi 4 ,dan saya pun mengupdatenya. Apa yang saya dapat? Sony Ericsson Xperia Ray saya sekarang memiliki kamera 3D Sweep Panorama ! dan beberapa update lain seperti Screen Shot dan sebagainya.
Hingga saat ini, Sony Ericsson Xperia Ray saya belum pernah hang atau lag sama sekali.

Menurut saya, ada beberapa kelebihan dari Xperia Ray:(Karena pendapat setiap orang berbeda)
1.Ukuran dan desainnya yang bagus
2.Display bagus dengan resolusi maksimal untuk ukuran layar 3,3″ Mobile Bravia Engine.
3.Kamera 8.1 MP, video HD 720P dengan sensor Exmor R
4.Lampu notifikasi LED yang bisa diseting warna nya dengan software gratis yang bisa diunduh dari android market(Saya memakai “LightFlow”)
5.Prosesor dan Memori RAM yang cukup.

Sekali lagi menurut saya,beberapa kekurangan Xperia Ray:(Karena pendapat setiap orang berbeda)
1.Memori dalam paket penjualan “Hanya” 4 GB(4GB menurut saya sangatlah kurang, karena saya music lover yang memiliki lebih dari 1600 lagu, tetapi ini masalah yang sangat kecil bagi saya karena saya hanya perlu membeli memoricard Micro SD 16GB di Wellcomm Shop seharga RP.280.000,00)
2.Headset dalam paket penjualan yang kurang mantap(Ini juga masalah kecil,karena saya punya Wireless Hi-Fi Bluetooth Headset Sony Ericsson MW 600,MW 600 bisa juga dibeli di Wellcomm Shop)
Sebenarnya hanya 2 kekurangan di atas,tapi saya tambahkan 1 lagi,agar bisa diperhatikan oleh sobat blogger yang mau membeli Xperia Ray.
3.Di panduan singkat tidak ada tulisan bahwa layar Xperia Ray antigores,sehingga membuat saya bingung dan terlanjur memasang screen guard yang pada akhirnya saya lepas..(Membuang Rp.50.000,00 deh)

Update 10 Desember 2011

Isi paket penjualan Xperia Ray:
1.Sony Ericsson Xperia Ray
2.Baterai BA700
3.Hansfree/Headset MH410 Greenheart™
4.Kabel data
5.Adaptor penghubung kabel data dengan colokan listrik rumah
6.Buku Panduan Memulai dalam 2 bahasa ( Inggris & Indonesia)
7.Buku informasi penting dalam 2 bahasa (Inggris & Indonesia)
8.Informasi SAR dalam berbagai bahasa
9.Kartu Garansi
10.Memori Micro SD 4GB


Maaf ,di foto ngga ada Xperia Ray,Baterai,Dan MemoryCard nya, karena saya pakai untuk foto.
Serta sebagian foto Xperia Ray tidak saya tampilkan karena akan saya tampilkan pada post berikutnya mengenai perbandingan Xperia Ray dengan Samsung Galaxy S II.

Update 19 Maret 2012

Berhubung ada sobat blogger yang request hasil foto dari kamera Xperia Ray dengan kondisi tidak di zoom dan di zoom,sehingga saya uploadkan hasil kameranya.

Objek-objek di foto-foto ini tempatnya tidak diubah sedikit pun.

Tanpa Zoom

Dengan Zoom Maksimal (16x)

Hasil Foto outdoor(Baru 1,yang lain menyusul)

(Foto di atas diambil di daerah Pantai Kenjeran Surabaya sore hari dengan kondisi mendung)

Contoh hasil penggunaan Touch Focus(Fokusnya saya jamin tidak kalah jauh dengan kamera SLR):

(Foto di atas benar-benar diambil dengan kamera Xperia Ray,dengan objek utama sebuah gantungan di dalam mobil,dengan latar daerah kampus Universitas Hang Tuah ,Surabaya)

*SEMUA ISI BLOG INI (lkymobileblog) ADALAH OPINI SAYA DAN BEBERAPA FAKTA SERTA HASIL PERCOBAAN YAN TELAH DILAKUKAN ,SEHINGGA BLOG INI TIDAK BERTUJUAN UNTUK MENJATUHKAN PIHAK MANAPUN DENGAN CARA APAPUN.

If you like this blog,you can Follow me on Twitter @lukwanying ..

About these ads